PENDAHULUAN
Panduan ini sebagai acuan bagi sekolah untuk menyusun dokumen kajian dan rencana aksi Lingkungan yang berguna sebagai dasar dalam pelaksanaan program adiwiyata di sekolah, karena masih banyak sekolah yang melaksanakan program adiwiyata namun belum berdasarkan pada permasalahan Lingkungan yang harus diatasi oleh sekolah.
SISTEMATIKA KAJIAN
Halaman Sampul
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Bab I Kondisi Sekolah
Bab II Potensi Sekolah
Bab III Permasalahan Lingkungan Sekolah
Bab IV Rencana Aksi Lingkungan
Bab V Analisis Tujuan Program Adiwiyata
Bab VI Penutup
Lampiran
KATA PENGANTAR
berisi:
Tujuan disusunnya kajian dan rencana aksi Lingkungan.
Ucapan terima kasih yang ditujukan kepada orang, lembaga, organisasi atau pihak lain yang telah membantu dalam penyusunan kajian dan rencana aksi Lingkungan.
1. KONDISI SEKOLAH
memuat:
Letak Sekolah
Kondisi Lingkungan Sekolah
Kondisi Masyarakat Sekitar
Kondisi Siswa dan Orangtua Siswa
Kondisi Proses belajar-mengajar, dan
Sarana-prasarana Sekolah
(dapat diambil dari Profil Sekolah dan/atau analisis konteks pada dokumen KTSP)
2. POTENSI SEKOLAH
mendeskripsi:
Potensi yang dimiliki sekolah (kekuatan dan peluang)
Daya dukung SDM dan SDA
Daya dukung masyarakat
Pemda setempat
(sesuai dok Evaluasi Diri Sekolah bag kekuatan dan peluang)
3. PERMASALAHAN LINGKUNGAN SEKOLAH
mendeskripsi:
Semua masalah Lingkungan yang dihadapi sekolah (sampah, air, energi, makanan, kantin sekolah, dan keanekaragaman hayati)
Permasalahan yang terjadi pada masyarakat di sekitar sekolah
(serta rasionalitas dan data pendukung bahwa hal tersebut menjadi masalah Lingkungan)
4. RENCANA AKSI LINGKUNGAN
Dijabarkan ke dalam tabel rencana aksi
Redaksi dalam kegiatan disesuaikan dengan rencana aksi yang dilakukan sekolah
Minimal 20% anggaran sekolah untuk aksi Lingkungan yang diimplementasikan ke dalam delam Standar Nasional Pendidikan
Berisi deskripsi rencana aksi Lingkungan yang akan dilakukan berdasarkan permasalahan Lingkungan yang telah ditetapkan sebagai program utama.Program inilah yang menjadi TEMA LINGKUNGAN program ADIWIYATA yang dilaksanakan sekolah tersebut sehingga masing-masing sekolah memiliki ciri aksi yang khas berdasarkan kondisi masing-masing.
Rencana aksi Lingkungan dijabarkan ke dalam empat komponen program ADIWIYATA sedangkan deskripsi kegiatan memiliki penanggung jawab, alokasi waktu pelaksanaan, kuantitas/volume/jumlah serta sumber dana
5. ANALISIS TUJUAN PROGRAM ADIWIYATA
mendeskripsi:
Kondisi Lingkungan yang ada sekarang
Kondisi Lingkungan yang akan dicapai
Rumusan kegiatan (rencana aksi) didasarkan pada pembiasaan untuk menjadi budaya bagi warga sekolah
(bab ini dapat disusun dalam bentuk tabulasi)
PENUTUP
Berisi kesimpulan dari seluruh uraian kondisi sekolah, potensi sekolah, permasalahan Lingkungan sekolah, rencana aksi, dan analisis tujuan
LAMPIRAN
Berisi dokumen pendukung dalam menyusun kajian dan rencana aksi Lingkungan seperti berita acara, foto-foto, SK Tim Adiwiyata sekolah, dan lainnya.
sangat membantu.
BalasHapusi appreciate it.
tiada balasan dari kebaikan melainkan kebaikan pula
ar rahman : 60